“Apa aja tanda penuaan di awal usia 30’an? Kandungan apa yang baiknya kita pakai dari sekarang? Dan skincare korea apa yang rekomend? Simak di sini…”


Hi there,

Kamu yang mungkin sedang bertanya-tanya: “kapan sih saat yang tepat buat mulai pake skincare anti-aging?”, pas banget buka artikel ini. Hari ini aku akan bahas kandungan dan skincare anti aging korea terbaik untuk usia 30 tahun’an.

Sebelum masuk ke inti, kita tengok dulu tanda-tanda penuaan yang biasanya muncul di early 30, yah. Dari sini kamu nanti bisa semakin mengenali kondisi kulit dan tanda penuaan apa nih yang mulai muncul di kulitmu, selanjutnya kita baru masuk ke kandungan dan rekomendasi skincare biar kamu gak bingung buat mutusin produk apa yang sekiranya bakalan cocok sesuai tanda penuaan yang sudah terlihat.

Now let’s move on to

Penuaan Dimulai dari Usia Berapa?

Menurut Clair Chang—seorang dokter kulit dan ahli kosmetik, mengatakan: “Seseorang dapat menggunakan produk kecantikan anti-aging setelah menginjak usia 20-an dan 30-an. Pasalnya, kulit mulai alami penuaan setelah memasuki usia 20 tahun ke atas, di mana secara perlahan kulit kita akan mulai kehilangan produksi kolagen­ (secara alami).” (Huffpost, halodoc.com)

Selain itu, seorang Dermatolog, Ellen Marmur juga menjelaskan: “Di usia 20 tahunan akan muncul apa yang disebut “motor wrinkles”, yaitu kerutan yang terbentuk karena gerakan wajah Anda.” Kerutan yang dimaksud umumnya pertama kali muncul di area dahi. Selain itu, “Jika kamu termasuk seseorang yang sering menghabiskan waktu di bawah sinar matahri atau menatap layar, kerutan di sudut mata, disebut juga “crow’s feet” pun akan mulai tampak.”

Buat kamu yang melewatkan skincare di usia 20-an, jangan panik dulu, karena kamu masih bisa merawatnya dari sekarang. Memang, semakin awal kita pake produk anti-aging, maka akan semakin baik hasilnya. Alasannya, karena akan semakin memperlambat timbulnya aging. Butstart at thirty, is fine!

Apa Aja Tanda-tanda Penuaan di Awal Usia 30 Tahun?

Sebagian orang memang sudah mulai melihat tanda penuaan muncul sebelum memasuki 30 tahun, apa itu normal? Well, ada banyak faktor memang yang memengaruhi timbulnya aging, seperti: Gaya hidup, stressor dari lingkungan, paparan sinar UV, dilansir dari Dermatologica.

Baca Juga: Sunscreen Berbahan Alami Terbaik Sesuai Jenis Kulit

Selain faktor di atas, secara alami kulit akan mulai memunculkan aging di awal usia 30 tahun’an diantaranya: mulai timbul kerutan (biasanya di sekitar mata dan antara alis dan dahi), garis halus, garis senyum, pipi lebih cekung, pigmentasi kulit tidak merata, flek hhitam, dan kulit mengendur.

Dan bagian kulit yang lebih sering terkena paparan sinar matahari, seperti wajah, tangan, dan leher, biasanya menjadi area di mana tanda penuaan muncul.

Kandungan Skincare buat Anti Aging

Lalu, apa aja kandungan anti-aging yang disarankan buat mulai kamu gunakan? Ini dia…

  1. Asam Alfa-Lipoat
    Selain melawan aging, kandungan ini juga memberikan sensasi menenangkan pada kulit. Manfaat dari Asam Alfa-Lipoat antara lain: perlindungan untuk kulit, meningkatkan produksi energi sel, mengurangi penuaan termasuk peradangan.
  1. Kafein
    Kafein ternyata bermanfaat jika dikonsumsi secara cukup dan tepat. Dengan mengaplikasikan ke kulit, kandungan Kafein ternyata bisa membuat kulit lebih kencang. Hal ini karena pada kafein terdapat antioksidan yang kuat, dia bisa melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar UV, memperlammbat proses photoaging di kulit, dilansir dari Skin Pharmacol Physiol.
  1. Biotin
    Biotin merupakan vitamin H, manfaat dari kandungan ini yaitu: mengurangi gejala rambut rontok, kulit kering bersisik, retak di sudut mulut, menguatkan kuku-rambut-dan kulit. Fyi, kamu bisa dapetin Biotin dari kacang-kacangan, kedelai, telur, buah alpukat, dan kembang kol.
  1. Ceramide
    Kandungan ini udah pasti sering banget kamu temui di berbagai skincare. Yap, kandungan ini emang baik buat memerangi aging. Manfaatnya antara lain: melembabkan kulit, menghindari dari kekeringan, dan mencegah terjadinya iritasi.
  1. Hyaluronic Acid
    HA juga udah sering ditemui dalam kandungan skincare. Kandungan ini memang baik, dan aku sangat menyarankan penggunaan skincare dengan salah satu kandungannya adalah HA ini. Manfaatnya HA sendiri untuk: pelembab yang kuat untuk menjaga elastisitas kulit dan menghidrasi.
  1. Koenzim q-10
    Selanjutnya adalah Koenzim Q-10 yang berperan dalam produksi kolagen. Manfaat: perlindungan antioksidan dan meningkatkan produksi kolagen. Nah, pas banget, tadi kita juga udah sedikit bahas tentang penurunan kolagen di seiring usia, dimulai dari 20 tahun ke atas. Dan kandungan iji adalah salah satu kandungan yang dapat membantu.
  1. Teh Hijau
    Kalo kandungan satu ini pasti kamu juga udah sering dengar. Teh hijau punya sifat antioksidan dan antiinflamasi. Manfaat kandungan Teh Hijau: mengurangi kerusakan akibat sinar matahari, perlindungan kulit dari kanker, mengurangi kerusakan kolagen, dan efektif meregenerasi sel.
  1. Vitamin C
    Vitamin C juga menjadi antioksidan yang baik untk membantu melindungi kesehatan kulit dari polusi dan sinar UV, meningkatkan kolagen, hingga mengurangi kerutan dan garis-garis halus. Jika digunakan secara benar, vit C juga bisa turut mencerahkan kulit. Namun, kamu perlu hati-hati dalam penggunaannya di siang hari dengan selalu menggunakan sunscreen (tanpa kandungan vit c tambahan selain vit C yang sudah ada pada serum/pelembab)
  2. Minyak Jojoba
    Jojoba oil atau minyak jojoba adalah minyak sayur yang diekstrak dari tanaman jojoba yang kaya akan Vit.E & Vit B kompleks, gunanya untuk menjaga kulit sensitifmu dari aging. Kandungan ini juga bisa memberi kelembaban, meredakan jerawat dan menggurangi tampilan mata panda.

Jajaran Skincare Anti Aging Korea Terbaik untuk Usia 30 Tahun’an

Setelah tahu apa aja kandungan yang rekomen buat memerangi aging, sekarang saatnya kita tengok rekomendasi produknya.
Here they are

  1. Dear Klairs—The Ultimate Antioxidant Vitamin Serum

    Dear Klairs /Bnesia

    Pertama ada dari Dear Klairs dengan kandungan Vitamin C murni yang bermanfaat untuk merawat, merevitalisasi & mencerahkan kulit. Selain itu ada juga kandungan ektrak Centella yang berfungsi untuk: menenangkan sekaligus anti peradangan. Serum ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

    Fyi. Serum ini juga sudah banyak direkomendasikan sama para beauty enthusiast. Dear Klairs Serum juga sudah pernah dapat penghargaan sebagai serum wajah terbaik dari Beauty Awards tahun 2017 lalu. Hmm, gimana, tertarik mencoba?

  2. Sulwashoo—Capsulized Ginseng Fortifying Serum

    sulwashoo/sulwashoo official

    Selanjutnya ada dari Sulwashoo. Berasal dari negeri Ginseng, begitu juga kandungan utama yang dimiliki skincare Sulwashoo. Serum dengan key ingredient ginseng ini juga punya banyak review positif buat melawan tanda-tanda penuaan dini. Serum ini juga diklaim mampu memperbaiki tekstur, mencerahkan, menjaga kelembaban, serta meningkatkan elastisitas kulit.

    Konon, serum ini punya teknologi kecantikan yang disertakan ke dalam formulanya, yang menjadikan khasiatnya jadi lebih maksimal untuk menepis tanda penuaan seperti kerutan juga garis halus.

  3. Innisfree—Soybean Firming

    innisfree/shopee

    Gak ketinggalan, pasti ada Innisfree. Yap, skincare korea yang udah banyak dipercaya oleh konsumen di Indonesia. Innisfree menghadirkan serum Soybean Firming dengan kandungan utama yaitu soybean. Soybean diketahui kaya akan antioksidan yang bisa menutrisi dan menjaga tingkat elastisitas kulit. Kandungan soybean pada serum Innisfree ini telah melalui proses fermentasi alami agar khasiatnya maksimal.Gak Cuma itu, serum ini juga punya tambahan kandungan unik lain yaitu adenosin. Manfaatnya? Mencegah tanda penuaan seperti kerutan.

  4. Amore Pacific Future Response Age Defense Serum

    Amore/Bnesia


    Rekomendasi terakhir adalah serum dari Amore Pacific Future Response Age. Merupakan brand premium asal Korea yang punya kandungan utama teh hijau dan jamur pinus dengan konsentrasi yang berfokus untuk meminimalkan tanda penuaan pada kulit.Kombinasi kedua kandungan tersebut menghasilkan sifat antioksidan yang bisa melindungi kulit sekaligus menguranggi potensi terjadinya iritasi. Serum ini juga aman digunakan pemilik kulit kusam juga kering.

  5. AHC Sleeping Mask & AHC 365 Red Hibiscus

    AHC Hyaluronic Sleeping Mask/Shopee

    Terakhir sebagi bonus, ada sleeping mask yang dikenal efektif merawat wajah dengan baik, AHC Sleeping Mask. Kamu mungkin sering lihat orang korea pakai sleeping mask sebelum tidur supaya wajah mereka tetap lembab dan tampak glowing keesokan paginya? Nah, ini dia salah satu sleeping mask yang direkomendasikan. Sleeping mask ini cocok banget dipakai para wanita yang sudah menginjak usia 30 tahun’an. Manfaatnya? Memberikan hidrasi yang intens selama kita beristirahat semalaman berkat kandungan Hyaluronic Complex-nya. Tapi gak cuma di situ aja, kandungan tersebut juga mampu mengeksfoliasi sel kulit mati dan membentuk lapisan pelindung kulit. Kandungan lainnya dari AHC sleeping mask yaitu adanya formula water splash yang bikin kulit kita terasa sejuk selama penggunaan sehingga bisa kasih ketenangan pada kulit kita.

    AHC 365 Red Hibiscus

    Btw, AHC juga punya rangkaian anti-aging lain loh, yaitu AHC 365 Red Hibiscus. Terdiri dari toner, serum, dan krim pelembab. Skincare AHC ini diformulasikan oleh ahli perawatan kulit di Korea dengan teknologi khusus. Dilengkapi jajaran kandungan terbaik yang berfokus melawan aging seperti: kolagen, vitamin asam amino, hyaluronic acid, dan enzim antioksidan. Sangat lengkap! Pantas saja kalo rangkaian skincare AHC ini jadi salah satu skincare rekomendasi Korea terbaik di sejumlah platform beauty.

Simak Postingan berikutnya: Rahasia Cantik dan Awet Muda Kim Koen Hee dan Para Wanita Korea!


#InvestMoreInSkincare,NotMakeUp

About Author