” Gimana tips supaya no worry sama tampilan kulit selama puasa: tetap glowing, cerah, dan nggak dehidrasi? Ini dia tipsnya!”


Seringkali kulit jadi kering karena asupan air minum yang kurang, nah terus gimana menanggulanginya ketika puasa nanti?

Kulit sehat dan tetap glowing saat puasa sebetulnya bisa kita jaga, kok. Meskipun asupan cairan terbatas selama ibadah puasa, tapi kamu masih bisa menjaga kesehatan kulit dengan mengikuti beberapa tips yang terbilang sederhana. Berikut ini 7 tips yang bisa bantu kamu untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan bercahaya selama bulan puasa:

1. Banyak Minum Air Putih

Pastikan untuk minum banyak air putih saat berbuka dan sahur agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Hidrasi yang cukup akan membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit terlihat kusam. Berapa takaran yang baik?

Menurut Dr. Edwin Tanihaha.Sp.KK ada rumusan yang bisa digunakan setiap orang untuk menghitung jumlah air yang sesuai dengan berat badan, yaitu: BB (berat badan) x 30 ml air = jumlah air yang kamu butuhkan. Misal, berat kamu 50kg, berarti 50 x 30 ml= 1.5 liter / hari. Namun hitungan di atas adalah rumusan untuk orang pada umumnya, sedangkan untuk Ibu hamil perlu ditambah 300ml dan Ibu menyusui 500-600ml.  (dilansir dari laman sajiansedap.grid.id)

2. Kurangi Produk Hewani

Makanan yang tinggi protein hewani dapat membuat kulit rentan berminyak dan berjerawat. Coba kurangi konsumsi produk hewani seperti daging merah dan produk susu selama bulan puasa. Gantilah dengan protein nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Mencegah Mata Lelah

Aktivitas sahur bisa menyebabkan berkurangnya waktu tidur, apalagi untuk orang-orang yang harus sekolah atau bekerja dan berangkat pagi-pagi sekali. Dan ini bisa bikin kantung matamu tampak turun. Apalagi kalau kamu juga menggunakan gadget terlalu lama setiap harinya. Untuk itu, coba hindari penggunaan gadget jika tidak begitu diperlukan. Kamu juga bisa pakai pelembab khusus area mata supaya tetap terjaga kesegarannya dan nggak mudah kusam atau kendur meski kurang tidur. Kamu bisa kompres area bawah mata dengan eye gel, pakai eye serum, atau krim khusus mata.

Nah, untuk skincare area mata yang terbukti bagus, dan sudah aku review, bisa kamu cek di sini, ya. Semoga membantu!

4. Jauhi Soda dan Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda bisa bikin kulit jadi dehidrasi. Selama berpuasa, ada baiknya kalau kamu hindari atau kurangi drastis. Sebagai gantinya, pilih asupan minuman yang lebih sehat seperti air putih, jus buah, atau infused water.

5. Mandi Pagi Hari

Mandi pagi bikin tubuh dan kulitmu jadi lebih segar. Selain itu suhu tubuh juga terjaga, karena tidak adanya asupan ke dalam untuk memberi hidrasi. Ini membuat tubuh jadi rileks menghadapi hari menjelang siang yang biasanya mulai panas. Selain itu mandi pagi juga bisa bikin kamu lebih semangat untuk beraktivitas ketimbang kamu kembali tidur.

6. Gunakan Pelembab

Selanjutnya, kamu bisa manfaatkan skincare seperti moisturizer setelah mandi yang mampu mengunci kelembaban. Pelembab ini penting banget supaya kelembapan kulit kita terus terjaga, terutama saat kulit rentan mengering akibat kurangnya asupan cairan selama puasa. Gunakan pelembab yang ringan dan tidak mengandung minyak agar kulit tetap segar dan lembut sepanjang hari. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan face mist ke dalam skincare harian. Face mist bisa menjaga kesegaran, nutrisi dan hidrasi kulit wajah.

Oya, gak cuma untuk wajah, tapi kulit bibir dan tubuh juga butuh diberi nutrisi. Karena itu, saat pagi atau menjelang siang, kamu bisa pakai lip balm untuk bibir dan body lotion untuk tubuh dengan kandungan yang alami. Dengan begitu, nggak cuma kulit wajah aja yang terjaga. Tapi seluruh tubuh kita juga tetap lembab dan glowing, dan nggak mudah kering atau pecah-pecah. Jangan lupa tambahkan sunscreen kalau mau beraktivitas, ya.

7. Make Up Natural

Terakhir, aplikasikan make up dengan kesan natural dan komposisi yang memang ringan dari segi produk. Untuk mengcover imperfection, kamu bisa pakai BB cream (dengan satin atau dewy finish bakal lebih keliatan oke, tapi pilihan tetap di tanganmu) dan concealer dan lip tint untuk polesan bibir yang formulanya memang bikin tampilan keliatan segar dan nggak mudah akan bikin bibir jadi kering.

Itu dia 7 tips agar tetap glowing saat puasa. Selamat mencoba dan semoga ibadah puasamu tahun ini senantiasa diberkahi kesehatan dan kelancaran, yaa. aamiin.


#investtmoreinskincarenotmakeup

About Author