Momen puasa di bulan Ramadhan jadi momen yang ditunggu umat muslim. Tapi, gimana dampaknya buat kulit? Apakah kulit kita ikut berpuasa dari nutrisi selama sekian jam?


Bagi umat muslim, bulan ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya karena memiliki banyak keberkahan. Ibadah puasa yang kita jalani selama satu bulan itu sudah pasti banyak yang sudah paham juga apa manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Namun apakah manfaatnya juga didapat sama kulit kita? Ini dia yang mungkin mengulik rasa penasaran banyak orang terutama yang concern dengan kesehatan dan tampilan kulit.

Sebelum menjawab ke sana, kamu perlu tahu bahwa di negara Jepang, ada tren skin fasting, tren ini merupakan metode rejuvenate yang dilakukan dengan mengurangi atau menghentikan pemakaian skincare pada kulit wajah selama beberapa saat. Mereka percaya bahwa kulit juga perlu istirahat dari berbagai macam kandungan kimia demi mengembalikan fungsi detoksifikasi yang diklaim sebagai kemampuan alami kulit. Lalu apa hubungannya dengan berpuasa? Kalau skin fasting dianggap baik, apakah puasa makan-minum juga demikian?

Secara nggak langsung, masih ada kesalahpahaman dari tren di atas dengan alasan di baliknya. Dan jika dikaitkan dengan puasa, kamu akan tahu persis “apa sih manfaatnya bagi kulit dari berpuasa makan-minum yang dilakukan umat muslim?”

Ini dia jawabannya untuk kamu yang ingin tahu: Apakah puasa baik untuk kulit?

1. Detoksifikasi Kulit

Bicara soal detoksifikasi, dilansir dari idntimes.com, kulit kita memang memiliki kemampuan detoks. Namun, detoksifikasi atau penguraian racun yang dimaksud adalah proses yang hanya bisa terjadi di organ tubuh khusus yaitu hati dan ginjal.

Jadi pemahaman yang ada pada tren skin fasting bisa dibilang keliru. Kalau untuk membuat kulit rehat dari berbagai serbuan produk berbahan kimia, itu emang baik dan bisa diterapkan. Namun perihal detoks adalah kemampuan alami kulit, itu nggak benar.

Skin fasting seperti tren di Jepang bisa kamu ikuti kalau kamu memang butuh meminimalisir efek iritatif di kulit dari banyaknya pemakaian zat aktif dari produk skincare.

Sedangkan puasa yang dijalani oleh umat muslim akan membantu tubuh kita dalam proses detoksifikasi, yang berarti membersihkan tubuh dari toksin dan zat-zat yang tidak diinginkan. Dengan tubuh yang bersih dari dalam, maka akan tercermin pada kulit yang lebih bersih, segar, dan bercahaya.

2. Menjaga Kelembapan Kulit

Selama puasa, terutama selama bulan Ramadhan, kita cenderung mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula dan garam. Hal ini dapat membantu mengurangi dehidrasi dan menjaga kelembapan kulit. Kelembapan yang cukup adalah kunci untuk kulit yang sehat dan bercahaya.

3. Menjaga Keseimbangan Hormon

Puasa juga dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Hormon yang seimbang dapat membantu mengurangi masalah kulit seperti jerawat, kemerahan, dan peradangan. Dengan demikian, puasa dapat membantu menjaga kulit tetap bersih dan bebas dari masalah kulit.

4. Regenerasi Sel Kulit

Selama puasa, tubuh beristirahat dari proses pencernaan dan fokus pada proses regenerasi sel-sel tubuh. Ini termasuk sel-sel kulit. Dengan regenerasi sel yang lebih baik, kulit Anda akan terlihat lebih muda dan segar.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Puasa juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Hal ini karena selama berpuasa tubuh kita menghasilkan hormon yang dapat membantu memperbaiki kualitas tidur yaitu hormon melatonin. Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar pineal di otak kita saat kondisi gelap. Tugasnya adalah membantu mengatur siklus tidur dan bangun seseorang. Saat kita berpuasa, kadar melatonin dalam tubuuh meningkat sehingga membantu meningkatkan kualitas tidur.

Dari kualitas tidur yang baik, akan berdampak juga pada kesehatan kulit. Saat tidur, tubuh memperbaiki dan memperbaharui sel-sel kulit yang rusak, sehingga kulit tampak lebih segar dan bercahaya.

6. Perubahan Metabolisme

Berpuasa juga membuat perubahan metabolisme yang menambah kadar antioksidan dalam tubuh. Pertambahan antioksidan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit. (dilansir dari laman idntimes.com)

Jadi, itu dia jawabannya. Setelah tahu fakta bahwa puasa baik untuk kulit, semoga bisa menambah semangat kamu untuk menjalani ibadah puasa, ya.

Jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan yang sehat dan seimbang selama berpuasa. Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup saat berbuka dan sahur (tips berapa takaran minum setiap orang bisa kamu baca di sini), konsumsi makanan yang bergizi, dan perhatikan pola tidur. Dengan begitu, kamu bakal bisa merasakan manfaat puasa yang nggak hanya berdampak ke kesehatan fisik dan spiritual, tetapi juga ke kulitmu.

Semoga info di atas bermanfaat & selamat menunaikan ibadah puasa.


#investmoreinskincarenotmakeup

About Author