Setelah best seller dengan ingredients yang lama, sekarang Anessa Sunscreen upgrade formula lagi jadi makin meng-cover kebutuhan kulit! Apa aja ya yang bikin beda dari versi lama? Reviewnya di sini ^^


Hi there,

Happy banget aku bisa nyoba salah satu produk terbaik dari Anessa. Mungkin sudah banyak orang tahu, bahkan kemungkinan kamu juga sudah pernah nyoba produk sunscreen dari Anessa. Tapi yang istimewa dari produk sunscreen Anessa yang bakal kita review hari ini adalah formulanya yang sudah di-upgrade!

Bicara soal formula, konon brand skincare Jepang memang suka terus-menerus memperbaharui formulanya supaya jadi semakin bagus. Mungkin ini juga sebagai salah satu siasat supaya produk best seller mereka tetap bisa stand-out di antara banyaknya produk serupa yang ditawarkan di luar. Karena ada banyak banget produk sunscreen yang bisa kita lirik, bahkan dengan range harga yang juga variatif. Tapi uniknya, sunscreen dari Anessa ini punya formula yang nggak dimiliki kebanyakan sunscreen. Penasaran?

Di postingan ini aku bakal ungkap apa aja sih yang bikin Anessa Sunscreen ini beda dari yang lain? Kita bakal bahas secara lengkap mulai dari keunggulan formula terbaru Anessa sunscreen, dan kenapa kamu patut melirik sunscreen ini.

Ini dia review-nya…

Tentang Anessa

Anessa merupakan perusahaan skincare yang berdiri di bawah Shiseido Group. Sejak tahun 1915, Shiseido Group telah memulai penelitian mereka tentang sinar UV. Mereka memiliki tujuan mulia yakni agar wanita di seluruh dunia memiliki hubungan yang positif dengan matahari, namun dengan kulit yang tetap cantik bersinar, hari ini dan esok.

Di tahun 1923 Shiseido Group meluncurkan produk tabir surya mereka, berlanjut dan terus berinovasi meluncurkan berbagai produk perlindungan UVA dan mengenalkan SPF untuk pertama kalinya di jepang pada tahun 1980. Hingga tepat di tahun 1992, akhirnya Shiseido mengeluarkan sunscreen ANESSA. Anessa berkomitmen untuk menjadi partner utama (orang-orang) dalam beraktivitas dan menikmati kehidupan di bawah matahari sambil tetap menjaga kulit (mereka) agar tetap sehat bercahaya.

product-line-anessa
Product Line dari Anessa

Product line Anessa Sunscreen kini sudah bervariasi mulai dari sunscreen lotion dengan tekstur gel, milk, serum, hingga jenis sunscreen spray. Dan produk Anessa juga sudah mewakili berbagai tipe kulit.

Tentang Anessa Mild Series

anessa sunscreen mild series
Mild Series Sunscreen Anessa

Produk yang akan aku review kali ini adalah Anessa Mild Series. Formula mild series Anessa ini lembut di kulit dan tentunya punya proteksi sinar UV yang maksimal. Cocok banget buat kebutuhan pemilik kulit sensitif. Jadi kalau kebetulan kamu juga lagi cari sunscreen untuk kulit berjerawat dan sensitif, kamu bisa jadiin sunscreen ini sebagai salah satu rekomendasi.

Oya, Anessa Mild Series ini punya 2 varian, loh: Anessa Perfect UV Mild Milk dengan tekstur milky dan hasil akhir matte-finish (which is… yang hari ini bakalan kita review) & Anessa Moisture UV Mild Gel dengan tekstur Gel dan hasil akhir dewy-glow finish.

Review Anessa Perfect UV Mild Milk

Anessa Perfect UV Mild Milk SPF50+ untuk Kulit Sensitif

Anessa-Perfect-uv-mild-milk-spf50+-prisghanpage
Anessa Perfect UV Mild Milk SPF50+

Anessa Perfect UV Mild Milk SP 50+ ini dirancang khusus untuk kulit sensitif. Jadi buat kamu yang kulitya gampang jerawatan, bruntusan, alergi, dan lainnya, kalau mau coba produknya Anessa, kamu bisa pakai varian yang Mild Series ini, ya.

Lanjut. Selain fokus untuk kasih perlindungan kulitmu terhadap bahaya sinar UV yang kuat dengan teknologi formulasi ultra comfortable dan ultra gentle, sunscreen Anessa juga bisa difungsikan sebagai sunblock untuk badan dan wajah, loh! Ini salah satu hal yang aku suka sih dari sebuah sunscreen, karena nggak banyak sunscreen yang bisa dipakai double-function kayak gini: bisa buat wajah sekaligus body. Ada sih, tapi nggak banyak.

Dan, hal lain yang bikin sunscreen Anessa beda sama sunscreen kebanyakan yaitu dia juga sudah teruji aman digunakan untuk di kulit anak-anak, termasuk bayi dengan usia di atas 6 bulan.

Dan tentunya sunscreen ini juga ramah buat kulit kaum remaja yang mayoritas pasti ngalamin perubahan hormon dan bikin kulit jadi sensitif. Malah bisa jadi lebih hemat karena sunscreen ini pada akhirnya bisa dipakai barengan anggota keluarga. Nggak perlu pusing mikirin gimana nabungin uang jajan buat beli-beli skincare. Kamu atau mungkin orangtuamu justru bisa sharing buat pakai sunscreen ini bareng-bareng, jadi nggak overbudget untuk sekedar beli sunscreen.

Packaging

packaging-anessa-sunscreen-prisghanpage
Packaging

Dari sisi packaging, sunscreen yang versi mild milk ini tampilannya cenderung berwarna pink-nude & cokelat keemasan, terkesan simple dan manis.

Btw foto di atas adalah versi terbaru ya, alias yang sudah upgrade formula. Kalau versi lama sunscreen Anessa (dengan isi 60 ml) setahu aku dikemas dengan plastik, sedangkan versi terbarunya berubah jadi box-matte. Memang jadi lebih ramah lingkungan. Kalau packaging botolnya sendiri tetap sama, bentuk pipih, botol glossy, dan disain sederhana dengan tulisan keemasan.

Anessa-sunscreen-versi-lama-dan-baru
Anessa sunscreen versi lama vs baru

Secara keseluruhan packagingnya:

  • Travel friendly, nggak bulky karena bentuknya pipih
  • Tutupnya ulir aman dan anti-ribet: dia tipe yang bisa di-ceklik untuk nge-lock dan cukup beberapa kali putar aja untuk ngebuka dan nutup tutupnya.
  • Meski produknya cair banget, tapi kemasannya bener-bener strong dan safety jadi produk nggak mudah keluar atau tutupnya yang juga nggak mudah terlepas

Yang aku sayangkan, berarti sisi minus-nya dari segi packaging, yaitu:

  • Keterangan di punggung kemasannya masih berbahasa Jepang. Tapi untungnya ada stiker berbahasa Indonesia di box luarnya. Tapi lagi-lagi sangat disayangkan tulisannya banyak banget, jadinya ukuran font-nya terlalu kecil dan agak sulit untuk dibaca.
  • Juga, tanggal Best Before-nya hanya tercantum di box luar, tidak di botol kemasan langsungnya. Padahal box luarnya sudah pasti bakal dibuang, nggak mungkin kita simpan. Jadi kita perlu pakai sticker sendiri dan ditempel di botol sunscreen-nya buat reminder

Kalau aku cermati memang ada yang serupa informasi kode produk atau mungkin info best before di botolnya, tapi karena masih berbahasa Jepang, jadi sulit tahu apakah benar itu BB nya atau bukan. Nggak ngerti 🙁

Ingredients

Karena tulisan ingredients-nya kecil banget di kemasan, so ini aku cek langsung dari Official mereka, ya. Intinya, formula baru Anessa sunscreen ini diformulasi dengan bahan pelembab dengan kandungan ekstrak tumbuhan yang berfungsi mencegah masalah kulit akibat kekeringan dan menjaga kulit tetap sehat. Ada 3 ekstrak tumbuhan yang jadi key-ingredients-nya, diantaranya:

ingredients-anessa-sunscreen-prisghanpage

  1. Ekstrak Daun Prunus Yedoensis, ini tuh ekstrak bunga sakura yang berfungsi sebagai anti-inflamasi, bersifat menenangkan kulit.
  2. Ekstrak Akar Paeonia Albiflora, berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar uv yang berbahaya, menahan kelembaban kulit, menenangkan, antioksidan, anti-aging, membuat kulit lebih cerah karena bisa menghilangkan sel kulit mati dan mendorong pembentukan sel kulit baru, dan bisa membantu penyembuhan kulit.
  3. Ekstrak Daun/Batang Angelica Keiskei, berfungsi menangkal radikal bebas, menyembuhkan kulit, mencerahkan, mengandung antibakteri untuk mencegah timbulnya jerawat, melembabkan, meremajakan, mengecilkan pori, dan menangkal sinar UV.

Wihh, lengkap banget, ya. Kalau dilihat dari keyingredients-nya formulanya memang nggak main-main, sih. Tapi selain itu, dia juga dilengkapi dengan beberapa teknologi canggih sebagai berikut:

keunggulan-sunscreen-anessa-prisghanpage

  1. Smooth Protect Technology: Produk jadi bisa kasih perlindungan kuat, ultra-gentle, dan ultra-comfortable. Hasinya ringan di kulit dan kulit tampak smooth kalau dari yang aku lihat.
  2. Aqua Ex Booster Technology: yang bisa kasih kulit perlindungan secara merata dan kuat ketika terpapar oleh air ataupun keringat.
  3. Super waterproof: yang intinya sifat sunscreen-nya nggak mudah luntur. Ini cocok banget buat dipakai sama orang-orang yang punya banyak aktivitas

Dan masih ada keunggulan lain dari Anessa Sunscreen Mild Milk ini, dia itu…

  • Hypoallergenic formula: cocok untuk kulit sensitif, berjerawat, bahkan bisa dipakai untuk bayi di atas 6 bulan dan anak-anak. Di kemasannya sendiri ada gambar boneka baby-bear gitu, yang mencoba menerangkan kalau produk ini ramah untuk kulit bayi.
  • Additive-free (Ethanol, Paraben, Mineral oil, Colorant-Free), jadi nggak perlu khawatir 🙂
  • Melindungi kulit dari sinar UV dan partikel mikro di udara
  • 50% bahannya merupakan Skincare Ingredients
  • Formula ringan dan cepat meresap
  • Menghidrasi dan meredakan kulit kering
  • Anti-inflamasi & non-comedogenic
  • Bisa dipakai sebagai base makeup
  • Lebih ramah lingkungan

Produk (Isi – Tekstur – Warna – Aroma)

Anessa sunscreen tipe Mild Milk (60ml) ini punya tekstur milky berwarna putih-susu yang cair banget. Tipe tekstur yang mudah diaplikasi dan diratakan.

tekstur-mild-milk-sunscreen-anessa-prisghanpage
Tekstur Mild Milk Sunscreen Anessa

Dia juga sebetulnya ada aroma, tapi bukan fragrance yang disengaja karena bukan harum, cuma seperti bau lotion yang nggak bisa dibilang relaxing. Lebih cenderung bisa disebut unscented sunscreen.

Cara Pakainya

  1. Pastikan wajah sudah bersih, apply setelah pemakaian skincare-routine
  2. ambil produk 2 ruas jari (takaran sunscreen umumnya), tapi kalau aku secukupnya yang aku rasa aja hehe, dan biasanya karena dia cukup cair, jadi aku langsung tetesin ke kulit wajah hingga leher.
  3. Aplikasi sampai bener-bener rata dan meng-cover seluruh permukaan kulit yang perlu perlindungan sinar UV. Hindari area mata, ya.

 Baca juga: Review: LABORE – Sensitive Skin Gentle Biome Mild Cleanser 100ml

Pengalaman Pakai

Di pemakaian pertama, agak terkejut karena tektur milk-nya Anessa adalah tekstur milky tercair yang pernah aku coba (dibanding sunscreen yang biasa aku pakai). Meski cair tapi dia bisa meng-cover permukaan kulit dengan sempurna. Dan, aku pribadi ngerasa pemakaiannya cenderung lebih hemat karena tipe teksturnya yang mudah diratakan itu tadi.

Lalu, untuk versi yang sudah di-upgrade ini, dia tuh beneran ringan, berasa nggak pakai apa-apa. Selain itu, ternyata dia juga ada efek tone-up nya di kulit kita. Oya, aku juga suka sama hasil akhirnya yang semi matte-smooth finish. Kulit aku yang sedikit nampak pori-porinya jadi keliatan lebih flawless dan cerah.

Setelah produk benar-benar terserap, aku bisa noticed 2 hal ini:

  1. Wajah jadi keliatan lebih fresh karena efek tone-up nya yang makin lama makin membaur sama tone kulit
  2. Ternyata setelah dipakai beberapa jam, sifatnya yang cukup melembabkan bikin kulit jadi nggak gampang berminyak. Tapi aku juga curiga ini karena efek formula “super waterproof”-nya yang bikin produknya nggak mudah luntur meski kena air atau keringat. Kulit wajah rasanya punya lapisan kedua setelah kulit asli kita.
before-after-anessa-sunscreen-prisghanpage
before-after

Dari foto before-after di atas, dengan separuh wajah pakai sunscreen & separuh lagi nggak, bisa dilihat:

  • Kiri (dengan sunscreen) tampilan kulit tampak lebih smooth dibandingkan sisi kanan, pori-pori jadi tampak tersamarkan. Tampak lebih jelas di area pipi yang aku lingkari. ;
  • Warna kulit naik satu tingkat kalau diperhatikan (tone-up).

Dan syukurnya, sejak pertama kali pakai hingga beberapa kali selanjutnya, kulit aku nyaman dan cocok pakai sunscreen Anessa yang Mild Milk ini. Mungkin ini juga berkat formula hypoallergenic-nya, jadinya memang ramah buat kulit banyak orang.

Sisi positif lainnya, biasanya bahan kimia sunscreen akan menguap setelah pemakaian beberapa jam. Dan biasanya ada sunscreen yang bikin mata iritasi, perih, dan bahkan kulit wajah jadi licin kalau kena air dan keringat. Tapi ini nggak terjadi sama sunscreen Anessa.

Kesimpulan

rekomendasi-sunscreen-untuk-kulit-sensitif-dan-berjerawat-prisghanpageAlhamdulillah, bisa nyobain sunscreen mahal hahaa… Jujur ini pertama kalinya banget nyoba produknya Anessa. Sebelum review ini dibuat, aku juga browsing pengalaman banyak orang pakai sunscreen Anessa, mayoritas ketemunya dengan mereka yang pakai versi lamanya. Ada yang bilang formulanya berat. Tapi di sini, dengan formula barunya, aku buktiin sendiri formulanya enak banget, beneran seperti nggak pakai apa-apa.

Sunscreen ini juga bisa dipakai sebagai base makeup, nggak mengganggu atau bikin layer makeup jadi jelek atau mudah geser. Kalau untuk sehari-hari, dengan aktivitas ringan yang nggak perlu makeup, dan mengingat dia tipenya tone-up sunscreen + dengan adanya smooth technology, aku biasanya cukup apply sunscreen ini aja. Muka sudah keliatan enak dipandang, hehe.

Perlu timpa bedak lagi nggak setelah pakai sunscreen Anessa? Kalau aku sih nggak, tapi ini optional, sih. Bisa pakai, bisa juga nggak, sama-sama nggak masalah. Kalau aku, mengingat hasil akhir dari sunscreen ini sudah semi matte-finish, bebas kilap bahkan sampai beberapa jam after first apply, jadi aku pribadi nggak merasa perlu timpa bedak lagi.

Itu dia kesimpulan dari pengalaman aku pakai Anessa Perfect UV Mild Milk SPF  50+. Lebih rincinya, yaitu plus dan minus pengalaman aku pakai sunscreen Anessa ini aku jabarkan di bawah, ya. Ini dia pros & cons-nya berdasarkan pengalaman aku menggunakan sunscreen Anessa UV Mild Milk:

Pros:

  • Travel friendly
  • Produk mudah diratakan dan hemat pemakaian
  • Aman buat kulit sensitif, berjerawat, rentan berjerawat, remaja, anak-anak, bahkan untuk bayi diatas 6 bulan
  • Bisa digunakan untuk wajah dan tubuh
  • No-fragrance
  • No-whitecast
  • A-Must-Have sunscreen terutama buat kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan! Teksturnya yang nggak mudah luntur meskipun terkena air dan keringat, bikin nyaman dan nggak ribet buat sering-sering re-apply produknya! Jadinya enak banget kalau mau outdoor activity lama-lama, SPF-nya juga tinggi, dan bikin wajah awet nggak keliatan kusam.

Cons:

  • Sepertinya nggak bisa aku pakai di segala kondisi karena formula “super waterproof“-nya ini. Memang keren, tapi khawatir menghalangi air wudhu. Buat yang nggak masalah agak sedikit ribet, masih bisa bilas bersih dulu sunscreen-nya dengan sabun dan re-apply setelah ibadah. Ps: kalau kamu nggak keberatan. Hehee. Karena itu rasanya aku lebih merekomendasikan sunscreen ini dipakai buat kalau mau beraktivitas di luar ruangan aja.
  • Harganya terbilang pricey untuk kebanyakan orang

Beli Di mana?

Nama produk: Anessa Perfect UV Mild Milk SPF  50+

Shopee: link produk 

Tokopedia: link produk (aku belinya di Tokped karena pas cek di shopee kehabisan)

Lazada: link produk

Kalau kalian penasaran, mau juga nyobain versi terbaru dari Anessa Perfect UV Mild Milk ini, mending buru-buru cek Official-nya atau checkout langsung sebelum kehabisan kayak aku kemarin-kemarin. Lama lagi nunggunya, huhuu. Btw, mereka juga sering promo, loh. Jadi kalian bisa cek di mana yang lagi promo. Contoh, pas aku beli yang promo di shopee + tokped, tapi karena habis, jadi ke Tokped. Terakhir, per tanggal 29 April 2024, lagi promo di Lazada. So, coba aja cek-cek dulu sebelum C.O kalau pengen dapet harga yang lebih hemat. ^^

😊Selamat mencoba!

About Author