Hi, there…

Kali ini aku mau review satu produk yang katanya ajaib banget buat mengatasi persoalan kekeringan seperti kulit kering atau bibir pecah-pecah. Produk ini adalah salah satu balm dari Buttered. Dilihat dari namanya, aku sempat mengira kalau produk ini berasal dari luar negeri, tapi ternyata aku salah.

Buttered adalah brand lokal yang bermanufaktur di daerah Depok dan didistribusikan dari perusahaan di Jakarta. Namun aku baru tahu kehadiran Buttered dari rekomendasi teman di komunitas. Dan begitu aku coba cari review di google, tebak, aku nyaris nggak nemuin review sebanyak yang seharusnya. I wonder why? kalau produk ini dapet banyak pengalaman positif dari para penggunanya, kenapa reviewnya sedikit, ya? Bahkan kayaknya memang nggak banyak orang yang cari tahu tentang produk ini, terbukti dari seberapa banyak hasil penelusuran di google yang aku sudah aku tes.

Anyway, kalau hari ini kamu tiba-tiba penasaran sama produk Buttered, terutama produk Multipurpose Balm-nya, yang sekarang lagi aku pakai ini, berarti postingan ini akan jadi bermanfaat, minimal untuk beberapa orang sepertimu.

Saatnya kita unboxing si Buttered Lano Salve Multipurpose Balm ^^

Tentang Buttered

Buttered adalah produk lokal yang diproduksi di daerah Depok, Jawa Barat. Buttered memproduksi 2 jenis Balm yaitu balm multifungsi & stick balm dengan tambahan SPF. Kedua produk Buttered rata-rata mendapat banyak review positif berkat kandungan lanolin yang ampuh untuk mengatasi kekeringan di berbagai area kulit yang membutuhkan. Oya, produk ini juga bisa dipakai di segala tipe kulit, loh.

Tentang Lano Salve Multipurpose Balm

review-buttered-lano-salve
tentang-buttered-lano-salve-multipurpose-balm

Lanosalve Multipurpose Balm adalah balm yang dibuat dari lanolin. Lanolin ini berasal dari wol domba dan sudah digunakan sejak zaman dulu. Bahan ini terbukti efektif melembabkan dan menyembuhkan kulit kering dan luka luar. Balm ini berfungsi sebagai pelindung di atas kulit, dan sangat baik dalam memberikan hidrasi mendalam. Selain kandungan lanolin, Multipurpose Balm dari Buttered ini juga mengandung Rosehip Oil dan Vitamin E yang kaya akan antioksidan dan vitamin yang berfungsi untuk regenerasi kulit, menenangkan kulit yang meradang/kemerahan.

Selain unggul di kegunaannya yang multifungsi, balm ini juga ramah bagi bayi, ibu hamil, dan ibu menyusui. Dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

Ingredients:  Lanolin, Rosa Canina Fruit Oil, Tocopherol (0% Alkohol)

Packaging

review-buttered-lano-salve-multipurpose-balm-prisghanpage
packaging-buttered-lano-salve-multipurpose-balm

Dari segi packaging, Buttered Lano Salve Multipurpose Balm ini dikemas dalam kemasan berbentuk tube dengan tutup ulir yang bisa dijadikan dudukan sehingga produknya dapat kamu simpan dalam posisi berdiri. Secara desain, Buttered sekilas mirip produk luar negeri, dibalut tone warna broken white dengan gambar, tulisan dan keterangan yang terbilang simple.

Dinilai dari kemasan, produk ini aman buat dibawa bepergian, tapi kamu tetap harus hati-hati saat buka-tutup, mengingat tutupnya yang bertipe ulir. Juga ketika mengeluarkan produ, nggak bisa sembarangan, kalau nggak hati-hati, produk bisa keluar lebih banyak dari harapan. Hehe..

Isi Produk (Tekstur – Warna & Aroma – Isi)

Multipurpose Balm punya 2 size: 10g & 15g, serta tersedia dalam 7 varian, yaitu: Original, Grape, Peach, Banana, Pineaple, Bubble Gum, dan Tropical Fruit—seperti yang aku punya.

Khusus varian Tropical Fruit ini aromanya seger bercampur manis, enak banget menurutku. Begitu produknya diambil & dioles, aromanya menguar dan lumayan tahan lama.

Tekstur Buttered Multipurpose Balm ini gel-lengket dengan warna yang kekuningan, dan kalau kita ambil produknya, dia bakal langsung lumer begitu dioles diatas kulit.

tekstur-buttered-lano-salve-multipurpose-balm-prisghanpage
tekstur-buttered-lano-salve-multipurpose-balm

Cara Pakainya

  • Bersihkan area kulit yang akan diberi lano salve
  • Oleskan secara langsung pada kulit yang kering

Baca juga: 10 rekomendasi skincare untuk kulit kering!

Pengalaman Pakai (first impression – sensasi)

First time aku unboxing Lano Salve Multipurpose Balm dari Buttered ini aku paling amazed dengan aromanya yang super yummy!!! Tapi kemudian ekspektasi aku auto-droped begitu ngerasain teksturnya yang lengket di jari. Tapi begitu aku olesin ke bibir, ternyata dia nggak meninggalkan sensasi lengket. Jadi masih termaafkan.

Dan selama pemakaian, aku memang merasa dia bener-bener lembab maksimal. Tapi memang, teksturnya terbilang berat. Tapi nggak sampai mengganggu juga, sih.

Yang disayangkan, karena teksturnya berat, alhasil produknya nggak mudah menyerap. Jadi kalau dari pengalaman aku, setelah produk dioles, rasanya lama banget dia nangkring di atas bibir. Dalam kondisi bibir aku yang ketika coba produk ini tuh sedang pecah-pecah yang cukup parah, rasanya jadi kurang nyaman. Dan di tengah pemakaian, saat nunggu produknya terserap, aku sempat ngerasain kulit kering di bibirku justru terasa mengencang-tertarik, seperti kalau aku lagi pakai masker madu.

Hasil (Before-After)

Setelah 2 sampai 3 kali pemakaian, dengan kesabaran—tentunya, aku berusaha banget untuk kasih waktu agar bisa adaptasi dengan balm yang bertipe tekstur seperti Lano Salve, dan hasilnya… bibir pecah-pecahku finally teratasi.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, temanku yang merekomendasikan produk Buttered ternyata punya pilihan yang cukup tepat. Buttered Lano Salve Multipurpose Balm cocok buat mengatasi kulit kering yang ekstrem, dan bisa dipakai buat segala area (khusus pemakaian luar). Balm ini sesuai fungsinya, yaitu sebagai pelindung di atas kulit, karena memang terasa demikian.

Namun secara pribadi, aku lebih menyarankan produk ini digunakan menjelang tidur karena tipe produknya yang berat sehingga nggak mudah terserap. Untuk penggunaan di bibir, balm ini juga cocok banget buat lip mask.

Yang Perlu Diperhatikan selama Pakai Produk!

Hal yang perlu diperhatikan selama kamu pakai produk ini, adalah, sama seperti yang sudah dicantumkan di kemasan yaitu bahwa produk ini hanya untuk pemakaian luar. Dan kalau aku cari referensi lain, sebenarnya lanolin itu zat yang aman, bahkan meskipun kandungannya nggak sengaja tertelan. Namun ternyata bahan ini juga bisa menyebabkan reaksi alergi kalau kita ada alergi terhadap bahan kandungannya. Contohnya seperti aku.

Jadi, ada di satu waktu di mana aku apply produk balm ini agak lebih banyak dari seharusnya (produknya keluar nggak sengaja keluar terlalu banyak, tapi karena tipe kemasannya balm, jadi susah mau masukin lagi, kan. Akhirnya terpaksa aku aplikasikan seluruhnya). Saat itu aku pakai untuk area bibir pecah-pecah.  Nah, karena aku belum tidur, dan ngerasa produknya lama terserap, selama penggunaan, tanpa sengaja, sepertinya ada sedikit produk yang ikut tertelan akibat aku melipat bibir, dan minum. Somehow aku jadi tiba-tiba batuk, batuk yang nyaris berdahak gitu, dan lama-lama mulai agak sesak napas. Ini hal yang aneh dan aku nggak biasa dengan reaksi alergi yang tiba-tiba sesak seperti ini, namun aku punya riwayat asma  dan alergi debu dan udara saat kecil.

Setelah aku browsing, ternyata kedua reaksi di atas (batuk & agak sesak) itu bisa jadi akibat reaksi alergi dari lanolin, atau mungkin juga sih dari bahan lain di dalam produk yang kurang tau pasti bahan yang mana. Tapi secara pribadi, aku menduga dari si lanolinnya sendiri. Kenapa? Karena ini kali pertama aku menggunakan produk berbahan lanolin, dan sementara kandungan lain yang tercantum di produknya sudah pernah aku pakai dan nggak ada sedikitpun reaksi alergi yang timbul.

Well, sampai sini, aku jadi lebih paham lagi kenapa mereka mencantumkan dengan tegas kalau produk ini diperuntukkan untuk pemakaian luar, meskipun nggak ada wanti-wanti memicu alergi.

Intinya, produk apa pun itu, perhatikan bagaimana cara pakainya, do’s & don’ts-nya juga harus diperhatikan. Dan kenali diri sendiri, mana produk yang bisa memicu alergi mana yang aman.

Apa setelah ini aku tetap mau repurchase? Tentu, aku masih punya niat untuk beli lagi di kemudian hari kalau memang perlu. Selain karena terbukti bisa memperbaiki bibir pecah, produk ini produk lokal dengan harga yang terjangkau. Cuma mungkin kalau di aku, aku bakal lebih hati-hati aja selama pemakaiannya, seperti memastikan produknya hanya digunakan untuk lip mask, bukan balm yang bisa bebas aku pakai dalam kondisi apa pun, terutama bukan balm yang bisa aku pakai di siang hari saat aku kemungkinan aktif makan&minum. Hehe.

Baca juga: Share My Skincare Routine + Review Singkatnya: L’oreal, Pond’s, Vaseline, dll

Beli di mana?

trusted-seller-buttered-lano-salve
trusted-seller-buttered-lano-salve

Produk: Buttered Lano Salve Multipurpose Balm – 10g (all varian)

Official Store: Buttered Lano Salve Multipurpose Balm klik di sini & Premium Lip Balm Stick dengan SPF klik di sini

Trusted Seller lainnya:

Lano Salve Multipurpose Balm, tempat aku beli terakhir, klik di sini
Balm versi stick – seller termurah, klik di sini


#investinskincarenotmakeup

About Author